India – Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh

42 735x400 - India - Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh

India – Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh

India – Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh – Perbatasan adalah garis khayalan yang memisahkan dua atau lebih wilayah politik atau yurisdiksi seperti negara, negara bagian atau wilayah subnasional. Di beberapa wilayah Indonesia. perbatasan ditandai dengan tapal batas. Tapal batas bisa berupa batu atau tugu berukuran besar ataupun kecil.

Pasukan Republik India yang ditugaskan di perbatasan India-Tiongkok pada hari Minggu (21/02), menyelesaikan penarikan mundur mereka dari Danau Pangong Tso yang merupakan salah satu wilayah sengketa antar kedua negara.

Keputusan ini diambil Militer India setelah kedua pihak berhasil mencapai sebuah persetujuan untuk menarik mundur pasukan mereka dari salah satu casino online deposit pulsa daerah terpencil di daerah Ladakh atau Aksay Chin yang sering menjadi lokasi utama betrok militer di perbatasan.

1. Tahap pertama berhasil dituntaskan
euvep5cveaeq 0l d6bfb20390cda9e098e927b3df757dbb 1ac642afe2610ec973764213325a3c7a - India - Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh

Konflik perbatasan yang dihadapi India-Tiongkok membuat mereka mencari segala cara agar konfrontrasi dapat dihindari. Dikutip dari Reuters, sebagai tahap awal penarikan penuh dari wilayah sengketa, baik India dan Tiongkok, sudah menyetujui penarikan prajurit, tank, dan artileri dari beberapa area yang sudah ditentukan.

Kesepakatan ini diraih ketika kedua pemimpin militer dari masing-masing negara pada bulan Januari 2021, bertemu untuk mendiskusikan upaya-upaya yang dapat dilakukan demi tercapainya penarikan penuh. Meskipun baru tahap pertama yang diselesaikan, hal ini tetap diapreasiasi oleh Beijing maupun Delhi.

2. India menjadi pihak terakhir yang menarik pasukan
ec teq4xkaieras 6462503534c36915b7f9bcd18e33fc61 - India - Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh

Terdapat fakta menarik dalam proses penarikan pasukan di Danau Pangong Tso yang terletak di Pegunungan Himalaya. Pasukan India dikabarkan menjadi pasukan terakhir yang menarik diri dari wilayah terkait dimana hal ini ditegaskan India guna mengawasi proses penarikan Pasukan Tiongkok terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya, dilansir dari The Hindu.

Pada hari Sabtu (20/02) kemarin, Komandan Pasukan India dan Tiongkok sempat membincangkan kepastian proses penarikan pasukan mereka dari Danau Pangong Tso. India mulai mempercepat penarikan pasukannya setelah Tiongkok menyatakan jika mereka akan menghormati penuh perjanjian yang telah disepakati.

3. Ancaman konflik lanjutan masih tinggi
euvmshlvoaarb41 d6bfb20390cda9e098e927b3df757dbb 32134fc8476cf8de7b0375df491142ef - India - Tiongkok Tarik Pasukan dari Perbatasan Timur Ladakh

Sengketa Wilayah Ladakh atau Aksai Chin antara India-Tiongkok adalah sejarah panjang bagi keduanya. Dilaporkan The Hindu, penarikan Pasukan India dan Tiongkok dari Danau Pangong Tso. Yang terletak di Daerah Ladakh Timur diakui pemerintah masing-masing bukan sebagai aksi de-eskalasi konflik. Dikarenakan keberadaan prajurit maupun kendaraan tempur di daerah sekitarnya masih cukup besar.

Konfrontasi terakhir di perbatasan wilayah sengketa yang tercatat terjadi di bulan Januari 2021. Lalu sehingga membuat intensitas konflik masih cukup tinggi. Berdasarkan data yang didapatkan, bentrok militer terparah yang menewaskan banyak prajurit. Terutama Prajurit India, terjadi di Lembah Galwan pada bulan Juni 2020. Dimana konfrontasi tersebut menewaskan setidaknya 20 Prajurit India dan melukai puluhan lainnya.