Kegunaan Strut Bar Pengaruhi Performa

Kegunaan Strut Bar Pengaruhi Performa

Kegunaan Strut Bar Pengaruhi Performa Mobil

Kegunaan Strut Bar Pengaruhi Performa Mobil – Penggunaan strut bar identik dengan mobil-mobil berperforma tinggi dan modifikasi. Komponen ini biasa digunakan untuk memperkuat kaki-kaki sehingga mobil menjadi lebih rigid atau kaku.

Komponen ini dipasang pada kedua support shock bagian depan melintang pada kedua sisi sasis. Strutbar digunakan untuk memperkuat kaki bagian depan yang umumnya menggunakan batang besi yang mengaitkan kedua suspensi depan.

Drifting salah satu olahraga otomotif cukup digemari banyak orang yang menyukai tantangan. Untuk bisa menjalankan aktivitas ini dibutuhkan mobil dan sirkuit.

Melakukan drifting tak melulu di sirkuit khusus atau di lapangan terbuka beraspal yang sudah dilengkapi pembatas guna meningkatkan keselamatan pengemudi dan para penonton. Seperti yang dilakukan penggila olahraga drifting, Takeshi Teruya. Ia justru membangun lintasan sepanjang 160,9 meter yang mengelilingi rumahnya.

Sirkuit pribadi yang dibangun di pekarangan rumahnya bukan tanpa alasan. Semua ini ia lakukan demi menjaga keahliannya dalam olahraga ‘mengepot bagian belakang mobil’.

Teruya tidak mengkhawatirkan kenyamanan penghuni sekitar rumahnya, karena kebanyakan tetangga, juga merupakan penggemar otomotif. Mereka bahkan ikut membantu proyek Teruya sampai rampung dan bisa digunakan.

Namun niatnya bukan tanpa halangan. Keluhan justru datang dari istrinya. Wanita dambaannya tidak begitu antusias dengan ide gila Teruya. “Siapa orang waras yang membangun trek balap di pekarangan rumah sendiri?” kata istri Teruya kepada Zealand Herald dikutip dari Daftar IDN Poker

Kendati demikian, bukan Teruya namannya jika tidak berhasil mengambil hati sang istri. Cara untuk mengesankan pujaan hati, yaitu dengan mengajak kedua putrinya bermain di atas lintasan yang dibuat seadanya. Caranya berhasil dan impiannya tercapai tanpa keluhan dari orang sekitar.

Awal mula menggemari olahraga drifting

Awal mula menggemari olahraga drifting saat dirinya melanjutkan studi ke Hamilton, Selandia Baru pada 2007. Di sela-sela kesibukannya sebagai mahasiswa, Teruya kerap menghabiskan waktu senggangnya dengan mengikuti kompetisi balap drifting.

Hobi untuk meluncur di atas lintasan ini dikatakan Teruya berawal sejak belajar mengemudi dan terus tumbuh selama keterlibatannya pada dunia otomotif.

Dengan penggunaan strutbar umumnya akan meningkatkan ‘kekakuan’ mobil saat berbelok. Strut bar membuat proses meliak-liuk menjadi lebih terkendali dan stabil.

Apalagi ketika mobil tengah berbelok ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Fitur ini sangat berguna menjaga kestabilan mobil di jalan menikung ekstrim.

“Strut bar kalo di mobil-mobil sebenarnya sudah ada di bagian belakang dan depan hanya mobil tertentu saja yang memasangkan diatas shock absorber depan,” kata Dolf.

Terkait material strut bar, Dolf menjelaskan bervariasi tapi umumnya terbuat dari metal yang kemudian bentuknya disesuaikan dengan kendaraan.

“Tapi jika untuk sekadar penampilan dan modifikasi itu banyak pasang mobil-mobil, tapi tidak mementingkan kualitas bahan yang digunakan,” kata Dolf. “Ini sangat bagus untuk anak-anak bermain skuter dan bersepeda. Kami tidak perlu lagi pergi ke taman,” tutup Berita Viral Hari ini.

“Karena untuk kestabilan saat kecepatan tinggi menikung dan lain-lain kendaraan-kendaraan extra pastinya,” ucap dia. Menurut Dolf juga komponen tersebut jarang digunakan pada mobil- mobil harian, melainkan kendaraan untuk kebutuhan balap.

“Strutbar ini biasanya digunakan untuk menjaga kestabilan di kendaraan,” kata Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino melalui pesan singkat, Rabu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *