Kota Kepungan Tembok Terbesar di Eropa

Kota Kepungan Tembok Terbesar di Eropa

Fakta Elvas Portugal, Kota Kepungan Tembok Terbesar di Eropa

Kota Kepungan Tembok Terbesar di Eropa – Pada zaman pertengahan, kota-kota penting di Eropa pasti dikelilingi tembok. Yang berperan sebagai benteng pertahanan agar tidak langsung kandas saat diserang musuh. Untuk melindungi dari serangan musuh pada zaman dahulu, kota Elvas dikepung oleh tembok sehingga mendapat predikat sebagai kota kepungan tembok.

Kalian pasti mulai membayangkan seperti apa Daftar S128 jika seluruh kota dikepung dengan tembok? Biar kalian gak penasaran, telusuri fakta kota Elvas dengan membaca ulasan berikut ini.

Pada abad ke-16, Kota Elvas sempurna dikepung tembok

Antara abad ke-13 dan ke-15, Kota Elvas diambil alih oleh Kerajaan Portugal yang membuat bangsa Moor harus angkat kaki dari kota menawan tersebut. Pastinya, karena faktor itu pembangunan benteng selanjutnya sempat terhenti. Hingga akhirnya, pada abad ke-16 kota ini punya bentuk yang sempurna dengan desain berbentuk bintang, yang dirancang oleh Insinyur Flemish Jesuit Cosmander, dan selesai pada tahun 1792.

Kala itu, benteng yang mengelilingi kota Elvas dianggap sebagai salah satu benteng militer yang tak tertembus di dunia. Desain keseluruhan benteng juga diawasi langsung oleh arsitek militer asal Prancis, Guillaume Louis Antoine de Valleré.

Di tahun 2012, nama Elvas terdaftar di UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia di Portugal

Di dalam kota yang dikepung tembok ini terdapat berbagai tempat penting dan bersejarah pula seperti bangunan militer dan gereja berusia ribuan tahun. Masih mempertahankan keutuhan arsitektur dari zaman lampau yang makin menua makin menawan, akhirnya pada tahun 2012, Kota Elvas masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Seiring Dengan Perkembangan Zaman, Era Peperangan Pun Mulai ditinggalkan

Bangsa Moor adalah pencetus awal berdirinya benteng

Yup, kepungan tembok di sini maksudnya adalah benteng. Coba kalian perhatikan gambar di atas. Gambar tersebut adalah penampakan Kota Elvas. Memiliki bentuk layaknya bintang, Elvas adalah kota benteng yang menawan di Portugal. Lokasi Elvas berada di wilayah Alentejo. Di masa lalu, Elvas pernah disinggahi oleh berbagai bangsa mulai dari: Celtic, Romawi, Visigoth, dan Moor.

Oleh sebab itu, Kota Elvas sudah sejak lama memiliki latar belakang sejarah yang penting bagi peradaban Portugal. Pencetus awal terbangunnya benteng-benteng nan kokoh di Elvas adalah bangsa Moor, pada abad ke-9 usai mereka dapat singgah di kota ini. Dan diteruskan kembali pembangunan benteng selanjutnya pada abad ke-12. Hal tersebut didukung dengan pertumbuhan dan populasi kota yang makin membaik.

Elvas menjadi kota pertahanan yang membuat Spanyol putar otak

Elvas berada di posisi tengah antara Lisbon dan berbatasan langsung dengan Spanyol. Mengingat Lisbon adalah ibu kota di mana semua urusan pemerintahan berpusat di kota ini, maka Elvas dijadikan sebagai kota pertahanan. Pada tahun 1644, Spanyol mulai menyerang Portugal untuk mengambil alih kekuasaan.

Namun Negeri Matador tersebut tidak dapat menembus benteng pertahanan yaitu Kota Elvas karena desainnya yang dianggap rumit dengan dikelilingi parit yang cukup terjal. Tak menyerah, Spanyol mulai putar otak untuk menembus Elvas kembali di tahun 1659, 1711, dan 1801, namun hasilnya sama. Spanyol pun harus melupakan angannya untuk menaklukkan Portugal.

Destinasi bersejarah yang menyatu dengan bentang alam nan indah

Permukaan Kota Elvas berada di dataran yang cukup tinggi. Ketika berkunjung ke sini, wisatawan seolah-olah seperti sedang menuju ke istana untuk menghadap raja. Belum lagi di dalam benteng berdiri bangunan dengan arsitektur klasik, serta bentang alam di sekitar kota yang diselimuti tanaman hijau bikin siapa saja beth berkeliling di kota ini.

Amoreira Aqueduct, Kastil Elvas, Benteng Nossa Senhora da Graça, Benteng Santa Lusia, dan Igreja de Nossa Senhora da Assunção adalah sederetan tempat wisata yang dapat dijumpai ketika berkunjung ke Kota Elvas.

Itu tadi fakta seputar Kota Elvas di Portugal yang dikepung oleh tembok.