Olahraga yang membantu perkembangan tinggi anak

Olahraga yang membantu perkembangan tinggi anak

Olahraga fisik untuk perkembangan tinggi

Olahraga yang membantu perkembangan tinggi anak – Olahraga mempercepat tinggi badan dapat kamu terapkan untuk menambah tinggi di masa pertumbuhan. Walaupun genetik berperan sangat besar dalam menentukan tinggi badan, rajin berolahraga dan melengkapi dengan diet sehat dapat membantu meningkatkan tinggi badan kamu.

sebenarnya 60 – 80% dari tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh faktor genetik, mengonsumsi makanan bergizi dan aktivitas fisik yang tepat dapat sangat membantu agar tinggi badan tumbuh dengan optimal. Karena itu, baik jika Anda membiasakan anak untuk aktif secara fisik sejak dini.

Berikut ini adalah beberapa pilihan olah tubuh yang baik untuk pertumbuhan tinggi anak

1. Berenang

Ketika berenang, anak menggerakkan seluruh tubuhnya untuk dapat bisa bergerak dengan baik di dalam air. Apalagi, bergerak dalam air lebih sulit daripada di darat. Karena itu sendi, otot serta tulang anak pun direnggangkan dan membuatnya kian bertumbuh. Selain baik untuk pertumbuhan tinggi badan anak, berenang juga salah satu aktivitas olahraga yang dapat dilakukan sambil bermain dan memberikan keseruan sendiri untuk anak.

2. Basket

Olahraga mempercepat tinggi badan yang pertama adalah basket. Hal ini tentunya sudah umum diketahui oleh masyarakat luas. Permainan bola basket membuat kamu berlari dan melompat. Tubuh yang berlari dan melompat secara konstan dapat menyebabkan banyaknya aliran darah mengalir ke dalam lempeng pertumbuhan yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

Loncatan konstan saat main basket membuat tubuh kamu melayang secara vertikal di udara dengan melawan gravitasi dan mengakibatkan peregangan otot, dan ketika menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. Hal inilah yang menyebabkan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

3. Sepak Bola

Selain basket, bermain sepak bola juga merupakan salah satu olahraga mempercepat tinggi badan secara alami. Sepak bola membutuhkan banyak berlari yang sangat penting untuk menambah tinggi badan. Ketika berlari, kamu meregangkan otot lutut dan paha yang membantu untuk mencapai tubuh yang tinggi.

Bermain sepakbola juga membutuhkan banyak melompat saat menyundul bola dan gerakan ke samping untuk menggiring bola dan menghindari lawan. Seluruh kegiatan ini membantu lempeng pertumbuhan menerima darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.

4. Skipping (Lompat Tali)

Lompat tali atau skipping olahraga mempercepat tinggi badan yang paling mudah. Pada olahraga lompat tali ini kamu diharuskan untuk melompat terus menerus dan menggunakan tubuh di udara. Melompat memanjang dapat membantu tubuh untuk meregang dan berkontraksi sehingga membantu meninggikan badan.

5. Yoga

Peregangan terhadap sendi dan otot membuat anak bertumbuh tinggi dengan cepat. Karena itu gerakan-gerakan yang dilakukan saat yoga sangat pas untuk membantu anak meregangkan tubuh dan membuatnya bertambah tinggi. Namun, pastikan kelas yoga tersebut aman untuk diikuti anak dan jangan paksakan anak untuk dapat meniru suatu gerakan jika ia tidak bisa melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *