Pabrik Nissan RI Ditutup Harga Bekasnya Anjlok

Pabrik Nissan RI Ditutup Harga Bekasnya Anjlok

Pabrik Nissan RI Ditutup Harga Bekasnya Anjlok

Pabrik Nissan RI Ditutup Harga Bekasnya Anjlok – Harga mobil bekas (mobkas) Nissan diproyeksi anjlok seiring keputusan perusahaan menutup pabrik mobil baru secara permanen di Tanah Air. Penutupan pabrik Nissan merupakan kesepakatan secara global untuk efisiensi sebagai strategi jangka panjang.

Ford diketahui mundur dari pasar Tanah Air pada 2016 yang berdampak kepada penurunan harga mobil bekasnya. General Motors Indonesia menyatakan tidak menjual mobil baru Chevrolet lagi per April 2020 yang diketahui membuat mobkas merek Amerika Serikat ini sampai Rp30 juta.

“Bisa turun karena berkaca dari Ford, Chevrolet, ya walau diketahui Nissan tidak hengkang,” kata Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih, Kamis.

Narasumber juga menjelaskan Ford 100 persen akan kembali berbisnis penjualan mobil baru di Indonesia. Prinsipal Ford dikatakan yang bakal mengumumkan hal itu secara resmi pada tahun ini, namun kemungkinan tertunda karena wabah virus corona (Covid-19).

Pihak RMA Indonesia yang telah dihubungi enggan menjelaskan lebih rinci mengenai aktivitas importasi tersebut dan juga terkait penjualan mobil baru Ford.

“Kami belum mendapat konfirmasi dari Ford bahwa RMA Indonesia sekarang ini sebagai APM Ford secara resmi,” kata Yanto Mardianto, Senior Manajer Pemasaran dan Penjualan RMA Indonesia kepada Mikha Kusnadi.

Sebelum Daftar IDN POKER menyatakan menutup pabrik, produksi mobil Datsun, lini bisnis mobil murah Nissan di dalam negeri, sudah dihentikan pada Februari. Herjanto pernah menyebut harga mobil bekas Datsun usai keputusan tak lagi diproduksi di Indonesia turun menjadi 35 persen.

Herjanto meyakini banderol mobil Nissan bakal tiarap, namun dia belum dapat mengukur besarannya sebab selama tiga bulan terakhir ini kegiatan bisnis mobkas di Jakarta ‘mati suri’ akibat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Veebe Kusnadi

“Datanya saya belum pegang, karena PSBB. Tapi Nissan ini agak double. Kenapa? Karena pengumuman hampir bersamaan saat tidak nutup pabrik, dan penjualan lagi anjlok pas Covid ini. Tapi saya belum bisa pastikan penurunannya,” ucap dia.

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua Sandiaga Uno menjelaskan mobkas Nissan bisa jatuh dinilai dari pengalaman Ford dan Chevrolet.

Mengutip situs jual beli mobil bekas OLX, harga mobil Nissan bervariasi tergantung tahun pembuatan. Misalnya Nissan Grand Livina unit 2010-2015 dipasarkan Rp75 juta- Rp95 juta. Sementara Livina generasi baru produksi 2019 dibanderol Rp193 juta.

General Motors (GM) telah memutuskan mencabut diri dari bisnis penjualan mobil baru, namun kompatriotnya asal Amerika Serikat, Ford, yang sudah melakukan itu sejak 2016, sedang berencana kembali ke Indonesia.

GM telah mengakhiri semua penjualan mobil baru pada 1 April. Pernyataan soal itu telah disampaikan secara resmi oleh GM Asia Tenggara pada 28 Oktober 2019.

GM merasa volume penjualan mereka di Indonesia, yang hanya diwakili satu merek Chevrolet, tidak akan memenuhi volume ideal untuk bertahan. Selain itu GM juga menganggap sulit mengucurkan investasi baru buat meneruskan bisnis dengan pandangan seperti itu.

Nissan Xtrail 2007-2017 dijual mulai Rp63,5 juta- Rp285 juta. Lalu Terra 2018 Rp355 juta- Rp395 juta dan Terra 2019 Rp442,1 juta. Sementara itu March 2011-2016 Rp73 juta- Rp97,5 juta, Navara 2012-2016 Rp250 juta- Rp371 juta, serta Serena 2012- 2018 Rp59 juta- Rp268 juta.

“Jadi balik lagi yang namanya mobil bekas juga tergantung kondisi juga ya. Mungkin harga mobil Nissan ini bisa diketahui setelah bisnis di Jakarta aktif lagi ya,” kata Herjanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *