Pola hidup sehat negara jepang yang memperpanjang usia

Pola hidup sehat negara jepang yang memperpanjang usia

Pola hidup yang memperpanjang usia

Pola hidup sehat negara jepang yang memperpanjang usia –  Sudah menjadi rahasia umum bila kebanyakan orang Jepang memiliki tubuh yang bugar bahkan panjang usia. Hal ini karena gaya hidup sehat orang Jepang yang sangat ketat dan teratur.

Dalam setiap doa saat ulang tahun, kata panjang umur selalu terselip. Doain semoga kamu panjang umur ya, begitulah doa yang sering kita dengar. Tapi sekeras apapun kita berdoa, kalau kita suka merusak kesehatan maka panjang umur hanya sebuah angan-angan yang tak bakal terealisasikan.

Gaya Hidup Mempengaruhi Kesehatan

Enggak bisa dipungkiri, semakin benar gaya hidup yang diterapkan maka akan berdampak pula pada kesehatan. Ini telah menjadi hukum mutlak yang sepatutnya disadari oleh manusia.

Karena hanya dengan mengandalkan makanan saja, namun gaya hidup yang diterapkan masih kurang teratur, tubuh yang sehat atau mungkin panjang umur nampaknya sukar didapat.

Hal ini juga yang menjadi pertimbangan orang Jepang, di mana mereka enggak hanya memperhatikan apa saja makanan yang dikonsumsi. Lebih dari itu, mereka juga menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, hingga mengandalkan ramuan tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Pola hidup sehat masyarakat jepang

1. Suka Makan Sayuran

Sayuran adalah salah satu makanan yang amat sehat untuk tubuh kita. Untuk itu kalau kita mau sehat, maka makan sayur secara cukup. Orang Jepang amat menyukai sayur, dan mereka sering menjadikan sayur sebagai komposisi untuk diet.

2. Membatasi makanan manis

Orang Jepang jarang sekali mengonsumsi makanan manis atau makanan penutup. Mereka lebih memilih untuk mengonsumsi teh hijau atau buah jika ingin mengonsumsi makanan manis. Kebiasaan ini tentu saja sangat berguna untuk membatasi asupan gula di dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

3. Rutin konsumsi rumput laut dan miso

Mungkin sebagian dari kamu sudah tahu tentang rumput laut, namun tidak dengan miso. Bahan makanan yang berasal dari Jepang ini diolah dari hasil fermentasi rebusan beras dan kedelai dengan garam. Isi sup miso sendiri bisa berupa makanan laut dan sayur-sayuran.

Mengonsumsi sup miso sebagai menu sarapan pagi termasuk gaya hidup sehat orang Jepang yang sudah diterapkan hingga puluhan tahun lamanya. Dan biasanya mereka juga menambahkan rumput laut sebagai camilan sehat yang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral.

4. Cenderung jalan kaki atau bersepeda saat melakukan aktivitas

Gaya hidup sehat orang Jepang berikutnya yang bisa kamu coba adalah dengan sering berjalan kaki atau menggunakan sepeda saat memulai aktivitas di pagi hari.

Selain menjadi alasan kesehatan, rupanya negara tersebut dikenal memiliki kebijakan biaya parkir kendaraan pribadi yang cukup mahal. Sehingga kebanyakan masyarakat Jepang memilih untuk jalan kaki atau bersepeda.

5. Sering melakukan meditasi

Memiliki tubuh yang bugar enggak cuma bisa didapat dari seringnya jalan kaki, bersepeda, atau bahkan mengonsumsi makanan sehat. Karena di Jepang sendiri, untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat dibutuhkan meditasi dengan teknik Tai Chi.

Ini merupakan seni beladiri yang sudah dilakukan khususnya masyarakat Tiongkok sejak berabad-abad lalu. Gerakannya terbagi menjadi 5 posisi menyerupai aliran air yang bermanfaat baik untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *