THR Cair Disebut Tak Mampu

THR Cair Disebut Tak Mampu

THR Cair Disebut Tak Mampu Dorong Masyarakat Beli Mobil Baru

THR Cair Disebut Tak Mampu Dorong Masyarakat Beli Mobil Baru – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berpendapat tunjangan hari raya (THR) tidak bakal berdampak besar meningkatkan penjualan mobil di dalam negeri yang saat ini sedang terpuruk efek meluasnya wabah virus corona (Covid-19).

THR dirasa tidak akan menjadi stimulus sehingga Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi merasa penjualan mobil bakalan tetap redup. Nangoi melanjutkan kondisi pasar roda empat di Indonesia akan tetap menyusut tajam sesuai perkiraan selama empat bulan ke depan sejak April.

Menurut data Gaikindo per Maret penjualan ritel atau dari dealer ke konsumen sudah terpantau menurun menjadi 60.447 unit, sementara Februari sebanyak 77.847 unit webingmedia.com

Penjualan mobil di China mengalami pertumbuhan 4,5 persen pada April dibanding bulan yang sama tahun kemarin dengan catatan 2,07 juta unit menurut data Asosiasi Produsen Otomotif China.

Pertumbuhan ini menunjukkan pasar otomotif di China, negara asal wabah virus corona (Covid-19), berangsur pulih dari keterpurukkan. Pemulihan pasar disokong sejumlah kebijakan pemerintah untuk meningkatkan pembelian kendaraan usai mengalami penurunan 79 persen pada Februari dan 43 persen pada Maret.

“Jadi rasanya ya meski ada THR ya [penjualan] tidak akan loncat. Pasar tetap drop. Memang sudah kami perkiraan parahnya April, Mei, Juni, dan Juli. Empat bulan ini akan drop sekali,” kata Nangoi.

Nangoi berpendapat biasanya ada kelompok masyarakat yang memanfaatkan THR untuk membeli mobil atau mengganti yang lama dengan model baru. Namun dia menilai kebutuhan itu saat ini tak akan terjadi sebab masyarakat dikatakan lebih mengutamakan kebutuhan pokok.

THR buat karyawan swasta telah ditetapkan

“Saya selalu bicara bila mobil itu bukan kebutuhan primer atau pokok. Pokok atau kebutuhan utama ya makan, pakaian, dan segala macam,” kata dia.

THR buat karyawan swasta telah ditetapkan pemerintah paling lambat tujuh hari sebelum Lebaran pada 23 Mei. Penetapan itu berdasarkan Aturan THR Keagamaan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja atau Buruh Di Perusahaan.

Aturan itu merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah RI Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Asosiasi menjelaskan produksi dan operasi bisnis sebagian besar produsen telah dimulai kembali pada April.

“Perusahaan mobil disarankan memperhatikan perubahan dalam situasi epidemi di luar negeri dan membuat persiapan yang tepat di muka untuk mengurangi risiko,” kata asosiasi tersebut mengutip ShanghaiDaily, Selasa.

Kendati begitu asosiasi mengatakan bakal ada persentase penurunan penjualan secara total pada semester satu sekitar 10 persen dan diprediksi 5 persen selama setahun.

Pada periode Januari-April penjualan berjumlah 5,76 juta unit, itu turun 31,1 persen ketimbang periode serupa pada 2019. Penurunan ini dipahami karena faktor ekonomi makro dan kepercayaan konsumen yang lemah di tengah pandemi.

Asosiasi juga mengatakan pasar mobil di China diperkirakan akan pulih pada kuartal kedua, tetapi akan sulit untuk mencapai level yang sama seperti periode tahun sebelumnya.

Kontribusi penjualan mobil di Poker Indo 88 pada April sebagian besar berasal dari segmen penumpang sekitar 74 persen atau 1,53 juta unit. Sedangkan kendaraan komersial mengambil porsi 26 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *